A.
PENGOLAHAN DATA PADA PRODUK MULTIMEDIA INTERAKTIF
Pengolahan data terdiri dari tiga langkah
utama, yaitu input, proses (pengolahan), dan output. Pengolahan data pada media
interaktif yang dibuat dengan menggunakan Adobe Flash, dapat dilakukan dengan
menggunakan input text, dynamic text, dan lain sebagainya.
B.
CARA MENGOLAH DATA PADA PRODUK MULTIMEDIA
INTERAKTIF
Jika produk media interaktif berupa media yang akan menampilkan data form, maka mekanisme pengolahan datanya yaitu pengguna akan diminta untuk menginputkan data. Setelah data berhasil terinput, Adobe Flash akan melakukan pengolahan data dengan menggunakan ActionScript pada saat data tersebut akan ditampilkan. Output yang dihasilkan pada media interaktif ini yaitu berupa data sesuai yang telah diinputkan sebelumnya.
Sementara apabila produk media interaktif berupa game atau media
interaktif evaluasi atau kuis, mekanisme pengolahan datanya yaitu pengguna akan
diminta untuk memasukkan inputan berupa jawaban yang diminta oleh produk media
interaktif.
C.
MEKANISME PENGOLAHAN DATA DENGAN INPUT DAN DYNAMIC
TEXT
a)
Input text
Merupakan text yang digunakan untuk meminta suatu masukan atau input dari
user. Text ini dapat digunakan sebagai sarana untuk memasukkan isi variabel
dalam ActionScript
1)
Buka Adobe Flash kemudian pilih ActionScript 3.0
2)
Pilih text tool kemudian buka panel properties.
Pilihlah input text pada option text type, kemudian atur bentuk, ukuran, dan
warna pada panel properties tersebut.
3)
Buatlah text area dengan cara klik dan drag pada
stage.
4)
Masukkan instance name input text pada
properties dengan nama "teks_masukan" dan aktifkan tombol show border
around text.
5)
Buat text area dengan menggunakan dynamic text.
Text area ini nantinya digunakan untuk menampilkan teks yang tadi telah
diinputkan. Masukkan instance name dynamoc text dengan nama
"teks_tampilkan".
6)
Buat layer baru untuk meletakkan tombol. Buat
tombol navigasi "OK" dan letakkan di bawah text area dynamic text.
7)
Berikan ActionScript berikut pada layer 2 atau
yang berisi tombol untuk menampilkan teks yang telah diinputkan.
stop ( ) ;
var myText : String ;
function captureText ( 0 : void {
myText = teks_masukan .
text ;
}
btn_ok . addEventListener (MouseEvent. CLICK, tampilkan) ;
function tampilkan (myNextEvent : MouseEvent) : void {
captureText ( ) ;
tekx_tampilkan . text =
"Selamat Datang, "+myText +" : ) " ;
}
8)
Ujilah dengan melakukan tes movie. masikkan
namamu ke dalam input text dan tekan OK.
b)
Dynamic text
Memiliki sifat yang berubah - ubah sesuai dengan perintah yang diberikan
pada ActionScript. Dynamic text biasanya digunakan untuk menampilkan suatu
variabel. Pengolahan data sudah mulai terjadi pada proses ini. Contohnya
digunakan pada aplikasi kalkulator pada bagian perhitungan.
1)
Buka Adobe Flash pada PC kemudian pilih
ActionScript 3.0
2)
Pilih text tool kemudian buka panel properties.
Pilihlah dynamic text pada option text type dan atur bentuk, ukuran, dan warna
huruf pada properties.
3)
Buatlah text area dengan cara klik dan drag pada
stage.
4)
Masukkan instance name dynamic text pada
properties dengan nama "tampil_text".
5)
Jika sudah, masukkan ActionScript berikut untuk
menampilkan text.
6)
tampil_teks . text="Hello , flash";
7)
Ujilah dengan melakukan test movie.
D.
ACTION SCRIPT DAN PENGOLAHAN DATA
ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tetapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.
Action Script terbaru saat ini adalah Action
Script 3.0. Action Script 3.0 adalah bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya
dikenal dengan Action Script 2.0. Action Script 3.0 memiliki beberapa kelebihan
dibanding pendahulunya, antara lain fitur yang ditawarkan adalah file pada
Action Script 3.0 dapat dibuat terpisah saat runtime.
إرسال تعليق