Pengertian marketing digital
Digital marketing adalah suatu kegiatan
promosi atau pemasaran sebuah produk menggunakan media digital (internet).
Adapun tujuan dilakukannya digital marketing adalah untuk menarik calon
konsumen atau konsumen secara cepat supaya membeli produk yang dipromosikan.
Dalam dunia bisnis, digital marketing
memiliki peran yang sangat besar dalam kesuksesan suatu bisnis. Dimana promosi
yang dilakukan bisa membuat bisnis mendapatkan keuntungan yang besar. Cara
melakukan digital marketing juga sangat mudah karena memanfaatkan media digital
saat ini.
Contoh digital marketing
1.
Blogging
Salah satu contoh digital marketing adalah
blogging. Blogging ini lebih fokus pada konten berupa tulisan. Contohnya
seperti artikel, berita dan penerbitan konten online yang disesuaikan dengan
bisnis. Blogging bisa membantu pengusaha atau pelaku usaha untuk mendapatkan
keuntungan.
Melalui konten yang dibuat bisa ditambahkan
dengan informasi kepada konsumen yang berkaitan dengan produk yang dijual.
Semakin banyak konten yang digunakan, semakin banyak halaman yang dapat
diindeks melalui mesin pencarian Google.
2.
Social Media Marketing
Digital marketing bisa dilakukan dengan
memanfaatkan keberadaan media sosial. Hal ini tidak terlepas dari pengguna
media sosial yang sangat banyak. Sosial media bisa menjangkau semua jenis
produk yang akan dipromosikan dengan berbagai macam pelanggan yang sesuai
dengan produk yang dijual.
Melakukan promosi dengan sosial media ada
yang gratis dan juga berbayar. Beberapa contoh media sosial yang bisa digunakan
adalah seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya.
3.
Pay Per Clicks Ads
Pay Per Click merupakan salah satu jenis
iklan yang memungkinkan iklan Anda bisa muncul di bagian halaman dari hasil
mesin pencarian. Supaya produk yang Anda jual bisa dikenal orang banyak, maka
harus mengisi kata kunci sesuai dengan produk yang ditawarkan.
Tujuannya supaya ketika pelanggan
memasukkan kata kunci pada mesin pencarian yang juga sesuai dengan produk Anda,
maka iklan yang Anda buat akan muncul di bagian atas halaman. Hal ini pasti
akan meningkatkan promosi atau pemasaran yang Anda lakukan.
4.
Email Marketing
Salah satu sosial media yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing adalah Email Mmarketing. Hal ini dikarenakan email bisa menjangkau hampir seluruh penggunanya. Selain itu, hampir semua orang memiliki email yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk Anda.
Manfaat digital marketing
1.
Membantu untuk meningkatkan penjualan
Tujuan dari aktivitas digital marketing
yaitu untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk bisnis. Nah, karena
digital marketing bisa menjangkau lebih banyak sasaran customer, karena akses
digital marekting bisa menjangkau semua wilayah yang terkoneksi dengan
internet.
Maka hal ini nantinya juga akan berdampak
pada meningkatnya penjualan Anda. Digital Marketing sudah dikonfirmasi oleh
banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan pendapatan mereka samping 2.8 kali
lipat dari sebelum melaksanakan usaha Digital Marketing.
2.
Menjangkau pasar yang lebih luas
Digital marketing bisa menjangkau pasar
yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang Anda
kelola tentunya juga dapat dikenal tak cuman di wilayah Anda, namun juga di
wilayah-wilayah lainnya. Dengan demikian, peluang mendapatkan customer pun juga
dapat semakin besar.
Hal penting yang seharusnya Anda ketahui sekarang
juga ialah hampir 80% konsumen akan menelusuri sebuah produk atau layanan
sebelum membelinya, jadi usaha Digital Marketing bukanlah hal yang seharusnya
Anda tunda.
3.
Menghemat biaya promosi
Manfaat digital marketing yang paling
dinikmati oleh brand ialah bisa dilaksanakan dengan murah dan sangat ekonomis
yaitu menghemat biaya promosi. Ya, strategi promosi menerapkan media internet
memang jauh lebih murah bila dibandingi dengan menerapkan cara-cara
konvensional seperti brosur, baliho, atau membikin iklan di radio dan televisi.
4.
Sarana penghubung yang baik dengan konsumen
Digital marketing dilaksanakan dengan
beragam media yang terhubung secara langsung dengan customer. Meskipun belum
saling mengenal satu sama lain, dengan teknologi digital dimungkinkan untuk
melaksanakan komunikasi dengan customer secara langsung dengan teknik digital
marketing. Hal ini membuat digital marketing menjadi sangat diminati sebab
lebih dekat dengan customer.
Pelanggan atau customer adalah salah satu
hal penting dalam suksesnya sebuah bisnis. Oleh karena itu, membangun kedekatan
yang baik dengan pelanggan tentunya sangat penting. Nah, manfaat digital
marketing yang berikutnya adalah dapat menjadi sarana penghubung yang baik
dengan konsumen.
5.
Membantu bersaing dengan perusahaan besar
Sebelum teknologi informasi dan komunikasi
berkembang cepat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula biasanya akan
susah sekali bersaing dalam dunia bisnis. Tetapi, tidak untuk sekarang.
Tidak cuman membuat posisi anda sejajar
dengan pesaing, melainkan pemasaran digital juga memungkinkan anda untuk
bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar. Dengan menjalankan
pemasaran yang tepat sasaran menerapkan berbagai media digital yang ada.
6.
Memberikan kemudahan dalam melihat perubahan
bisnis
Mengetahui perubahan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Masalahnya, tidak seluruh pebisnis dapat dengan pesat mengetahui perubahan dalam bisnisnya. Tetapi, dengan strategi digital marketing, hal ini tidak akan menjadi masalah, sebab perubahan bisnis bisa dengan gampang Anda ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lama. Dengan begitu, analisa dan evualuasi bisnis pun juga dapat Anda lakukan dengan cepat.
Post a Comment